Friday, January 10, 2014

Cara Mudah Susun SKP Guru dengan Tugas Wali Kelas

Sebagian kecil guru kita terutama di daerah beranggapan bahwa SKP terutama tahun pertama pelaksanaannya (2014) yang akan disusun itu merupakan segala sesuatu pekerjaan/tugas jabatan yang telah diperbuat.  Wow, tidak doong, bukan begitu dong. Namanya juga Sasaran Kerja Pegawai, yang dinamakan sasaran disini adalah target kerja. Yaitu segala sesuatu uraian tugas jabatan yang akan dan (harus) dilaksanakan oleh si penyusunnya.

Menyusun SKP dengan pendekatan PKG sulitkah? Tidak juga.

Ayuk, tidak usah panjang lebar, mari disimak contoh simulasi penyusunan SKP Guu dengan pendekatan PKG. Kali ini dicontohkan Penyusunan SKP Guru Mata pelajaran dengan tugas Wali Kelas.

Simulasi Penyusunan SKP Guru dengan Tugas Wali Kelas

Sdr. Novi Asmaradana, S.Pd. dengan NIP.197908072006011009, adalah seorang guru IPA pada SMPN 4 Pulau Kinyang. Yang bersangkutan mengajar IPA sejak tahun 2006 dan saat ini pangkat yang bersangkutan adalah Penata Muda Tk.I, golongan III/b dengan jabatan Guru Pertama. 

Selain mengajar 24 jam per minggu pada tahun pelajaran 2014, yang bersangkutan menjabat sebagai Wali Kelas, sedangkan untuk kegiatan PKB, yang bersangkutan merencanakan untuk mengikuti diklat fungsional selama 30-80 jam, selain itu juga mengikuti 4 kegiatan kolektif guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Oleh karena itu ia memiliki target perolehan nilai hasil Penilaian Kinerja Guru yang dilakukan Kepala Sekolah dengan target Baik (100%).

ilustrasi: artikel.okeschool.com
Sdr. Novi Asmaradana, S.Pd juga merencanakan mampu menyelesaikan penyusunan karya tulis di bidang pendidikan yang dipublikasikan ke dalam majalah ilmiah / jurnal ilmiah di bidang pendidikan di tingkat kabupaten. Ia juga akan menciptakan alat peraga untuk matematika dengan kategori kompleks. 

Tugas lain yang rencananya akan diikuti adalah menjadi tutor kegiatan karya siswa di sekolahnya selama 10 JP, menjadi pengawas ujian sekolah dan menjadi pengurus aktif organisasi profesi profesi.

Sebelum menyusun SKP, Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd telah menganalisis dengan cermat rencana/targetnya untuk bisa merencanakan perolehan angka kredit dengan pengetahuannya dari peraturan yang berlaku tentang pelaksanaan PKG.


Berdasarkan pemetaan yang dilakukan Novi Asmaradana, S.Pd tersebut di atas, maka isian Formulir Sasaran Kerja PNS guru dengan tugas tambahan Wali Kelas adalah sebagai berikut:


Simulasi Penyusunan SKP Guru Gol III/b - Wali Kelas
Penjelasan:
  1. Besaran Angka Kredit pada AK diisi berdasarkan target Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd memperoleh PKG dengan predikat Baik (100%) sehingga target AK = 9,75 dengan pendekatan rumus di samping atas.
  2. Karena ia melaksanakan tugas sebagai wali kelas, maka ditambahkan 5% dari 9,75 yaitu 0,475 (di kolom tertulis 0,48 karena pembulatan oleh aplikasi excel);
  3. Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd juga menargetkan bisa mengikuti diklat untuk kegiatan pengembangan diri sebanyak tiga kali dengan pola diklat 30-80 jam (AK=1), target output adalah laporan pelaksanaan diklat, surat tugas dan sertifikat/STTPL (3 berkas) dengan target AK = 3,00;
  4. Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd juga menargetkan aktif mengikuti kegiatan kolektif MGMP IPA untuk dapat menyusun perangkat pembelajaran, dengan target AK = 0,15;
  5. Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd juga menargetkan mampu menyelesaikan pembuatan Alat peraga dengan tingkat kompleks sebanyak 1 buah, dengan target AK =2,00;
  6.  Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd menargetkan mampu menyusun publikasi ilmiah di majalah jurnal ilmiah tingkat kabupaten sebanyak 1 buah karya tulis, dengan target AK = 1,00;
  7. Sebagai kegiatan penunjang Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd juga menargetkan menjadi tutor 5 kegiatan setiap 2 JP dihargai AK 0,04, sehingga target AK = 0,20;
  8. Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd secara rutin setiap tahunnya ditunjuk sebagai pengawas ujian dengan Surat keputusan Kepala Sekolah, dengan target AK = 0,08;
  9. Pada tahun 2014 Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd menargetkan dapat menjadi pengurus organisasi profesi guru karena dirinya merasa dinominasikan menjadi pengurus teras organisasi profesi di Kabupaten Pulau Kinyang, dengan target AK = 1,00.
Akhirnya Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd telah berhasil menyusun SKP dan disahkan oleh Kepala Sekolah selaku Pejabat Penilai. Dengan pengesahan tersebut SKP Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd merupakan kontrak kerja antara dirinya dengan atasannya.

Kontrak kerja tersebut berlaku selama masa penilaian yaitu Tahun 2014. Pada akhir tahun 2014 nanti, SKP Sdr. Novie Asmaradana, S.Pd akan dilakukan pengukuran, baik dari aspek capaian output/kuantitas, kualitas dan aspek pencapaian realisasi waktu, dapat di DOWNLOAD di laman berikut:

Bagikan ke Teman

0 Comment to "Cara Mudah Susun SKP Guru dengan Tugas Wali Kelas"